Semarak Munaqosyah Hifzhil Qur’an Santri Tahfizh Al-Hurro 01 Tenggarong Kutai Kartanegara

Semarak Munaqosyah Hifzhil Qur’an Santri Tahfizh Al-Hurro 01 Tenggarong Kutai Kartanegara

Minggu (28/4/19).

Sebanyak 25 santri/santriwati dari Kategori Tahfizh Usia Dini (3-5 Thn), Tahfizh Anak-anak (SD) dan Tahfizh Remaja (SMP-SMA) mengikuti munaqosyah Tahfizh Al-Qur’an juz 1 s.d. Juz 5 dan Juz 30. yang diselenggarakan oleh Sentral Tahfizh Qur’an Al-Hurro 01 Tenggarong Kutai Kartanegara.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 WIT s.d. selesai, sebelumnya Dewan Pembina Tahfizh Al-Hurro Kutai Kartanegara Rahmadi Wirantanus, S.Pd.I.,M.Pd memberikan sambutan dan apresiasi kepada seluruh peserta munaqosyah Tahfizh Al-Qur’an, beliau mengatakan “Tujuan Munaqosyah ini yang Pertama adalah sebagai program rutin evaluasi per 1 Semester  bersama orang tua wali untuk menjaga kualitas hafalan dan untuk mengetahui perkembagan putra-putrinya dalam menghafal Al-Qur’an, kedua sebagai ajang silaturrahim seluruh jajaran Lembaga Tahfizh Al-Hurro bersama orang tua wali dalam meningkatkan kerjasama mengembangkan, merawat, dan memotivasi putra-putrinya untuk mencapai tujuan hafal 30 juz, ketiga, sebagai penyemangat dan suka cita kepada seluruh peserta tahfizh Al-Hurro untuk lebih giat dan kompetitif dalam menambah hafalan Al-Qur’an”.

Setelah Acara dibuka oleh Pembina Tahfizh Al-Hurro Kukar, kemudian acara dilanjut dengan  arahan dari Panitia Munaqosyah memberikan briefing mengenai tata cara penilaian dalam munaqosyah yang di pandu oleh Ustazdzah Santi Rosita, S.Pd.

Dalam munaqosyah tersebut panitia kegiatan menghadirkan 2 orang tim munaqisy untuk menguji Hafalan peserta berdasarkan kualitas Fashohah, Tajwid, Tahfizh dan kualitas Suara yang masing-masing memiliki nilai tersendiri.

Ust. Ahmad Zainuri, S.Pd.,M.Pd salah satu tim munaqisy pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa “pelaksanaan munaqosyah berjalan dengan lancar tanpa kendala, menurut beliau “yang terpenting adalah peserta harus sering Murojaah hafalannya sehingga betul-betul hafalannya jadi Mutqin (kuat),”tuturnya.

Zul Shawabi Peserta Munaqosyah 5 Juz mengatakan ” saya sangat senang bisa mengikuti Munaqosyah ini, karena dari situ saya mengetahui tempat-tempat dimana harus memperbaiki diri ujarnya. Adapun Azka Fatan Al farizi salah satu peserta munoqosyah cilik dari kategori usia PAUD mengaku senang sekaligus semangat dalam mengikuti munaqosyah ini dan berharap ia lulus dalam semua materi yang sudah diuji. “Alhamdulillah senang, semangat, ujar Azka yang baru usia 3 tahun dan sudah hafal 2 juz dengan polos. lain halnya dengan Naura Shidqia Pramana senang tapi grogi ketika dimuaqosyah. Sementara peserta lain jug arata-rata mengaku semangat tapi grogi dalam menghadapi soal-soal sambung ayat dari para penguji.

Sementara itu Kepala TK dan Taud Tahfizh Al-Hurro, Diana Wati, S.Pd mengatakan “ saya berharap para santri terus mengamalkan dan mencintai Al-Qur’an hingga akhir hayat serta jangan berhenti hanya sampai pada tahap ini saja apa lagi Lembaga Tahfizh Al-Hurro sudah membuka pendaftaran untuk sekolah formal TK dan Paud tahun pelajaran 2019/2020”. (Humas Al-Hurro).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *